Pemetaan Foto Udara Menggunakan UAV / Drone

Pemetaan Foto Udara Menggunakan UAV / Drone

Pemetaan foto udara menggunakan pesawat tanpa awak atau yang sering disebut dengan drone merupakan salah satu metode pemetaan yang cepat dan murah. Hasil pemetaan tersebut memberikan gambaran secara real dilapangan dengan data foto yang dihasilkan. Jenis pesawat yang digunakan dalam pemetaan dengan foto udara ada dua jenis, yaitu multirotor dan fixwing. Multirotor cocok untuk area yang sempit dan membutuhkan kedetilan yang lebih tinggi, sedangkan fixwing cocok untuk area yang sangat luas, karena sekali terbang dapat memetakan area 250 – 500 hektar.

Pemetaan Foto Udara merupakan salah satu teknologi pemetaan yang dapat digunakan untuk memetakan suatu daerah dengan hasil yang cukup detil. Sebenarnya teknologi ini sudah lama ada. Teknologi ini berawal dari ide Dr. Julius Neubroner pada tahun 1908 memasang kamera mini pada tubuh merpati pos nya. Tujuan Dr. Julius memasang kamera tersebut yaitu untuk mengetahui jalur terbang merpati pos yang dia gunakan untuk mengantarkan obat. Setelah itu wahana lain digunakan untuk melakukan akuisisi foto udara seperti balon udara, dan pesawat terbang. Akhir-akhir ini berkembang teknologi pemetaan foto udara menggunakan pesawat tanpa awak UAV / Drone.

jasa pemetaan foto udara
UAV adalah suatu wahana berupa pesawat terbang remote control yang digunakan untuk pemetaan foto udara. UAV merupakan perkembangan tipe pesawat aeromodelling yang biasanya dimainkan oleh penggiat hobby semata. Yang dimaksud pesawat tanpa awak adalah sistem berbasis elektro-mekanik yang dapat melakukan misi-misi terprogram, dengan karakteristik. Keunggulan dari pesawat UAV ini antara lain :

Tanpa awak pesawat,
Beroperasi secara Auto Pilot sesuai jalur terbang yang dibuat.
Sistem ini dirancang untuk dapat dipergunakan secara berulang.
Pesawat UAV ini dapat digunakan untuk melakukan pemetaan foto udara di semua tempat/ daerah. Dari daerah dengan topografi datar seperti persawahan, tambak, perkotaan, sampai dengan darah dengan topografi perbukitan dan pegunungan. Dalam melakukan akuisisi data foto udara, untuk sekali terbang dapat memetakan area seluas 250-300 Hektar. Sehari dapat terbang beberapa kali, sehingga sangat efisien dalam melakukan akuisisi di lapangan.

Produk yang dihasilkan dari pemetaan foto udara ini adalah peta orthofoto, peta kontur, peta situasi dan model 3Dimensi nya. Peta orthofoto yang dihasilkan memiliki resolusi spasial sebesar +/- 10 cm. Dengan hasil tersebut berbagai macam bidang dan keperluan dapat memanfaatkan hasil pemetaan foto udara ini, diantaranya :

Pemetaan Situasi
Pemetaan Area Tambang
Perhitungan Volume Tambang.
Pemetaan bidang tanah BPN
Perencanaan Tata Ruang
Pemetaan Bencana, dll.

Kami Geo Survey Persada | jasasurveypemetaan.com menyediakan jasa pemetaan foto udara menggunakan UAV / Drone. Dengan Tim yang sudah berpengalaman selama lebih dari 5 tahun pada bidang ini dengan mengutamakan hasil yang terbaik, tidak salah jika anda memilih kami menjadi partner pemetaan foto udara menggunakan drone / UAV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *